Menu
in

7 Perusahaan Game Terbesar yang Mendunia di Tahun 2021

Industri per-video game-an adalah salah satu industri yang sangat berkembang pesat di era ini.  Kita bisa melihat bagaimana boomingnya video game dan betapa besar pengaruhnya di beberapa tahun terakhir. Dan kita juga bisa melihat video game menjadi salah satu sumber hiburan dari berbagai kalangan masyarakat. Boomingnya industri video game ini tentunya memberi keuntungan besar bagi perusahaan video game. Di tahun 2021 industri video game mengantongi keuntungan sebesar US$ 130 miliar atau setara dengan Rp 1.898 triliun, hmm cukup banyak bukan? Kontribusi pendapatan terbesar didapatkan dari perusahaan mobile gaming. Disini kita akan membahas “7 Perusahaan Game Terbesar Yang Mendunia Di Tahun 2021”:

1.Bandaі Namco – $2.2 billion / Rp32,128 triliun

(wikipedia.org)

Perusahaan game pertama adalah Bandai Namco yang didirikan pada tahun 31 Maret 2006 di Tokyo, Jepang. Bandai Namco Entertainment Inc. adalah sebuah perusahaan pengembang dan pembuat video game. Bandai Namco sendiri adalah hasil merger dari dua perusahaan, yaitu Namco dan Bandai. Beberapa video game yang diterbitkan Bandai Namco adalah Pac-Man, Dark Souls, dan Tekken. Perusahaan ini pada tahun 2020 mencatatkan laba bersih sebesar 84 Milyar Yen Jepang dari total pemasukan 678.312 Milyar Yen Jepang.

2. Epic Games – $4.8 billion / Rp70,096 triliun

(wikipedia.org)

Epic Games adalah salah satu perushaan game terbesar yang mengembangkan perangkat lunak dan juga menerbitkan video game. Epic Games didirikan pada tahun 1991 di Potomac, Maryland, Amerika Serikat. Pada tahun 2019, Epic Games dilaporkan memiliki pendapatan senilai $4.2 billion dan $730 million dari laba usaha.

3. Actіvіsіon Blіzzard – $8.1 billion / Rp118,278

(prnewswire.com)

Lalu ada perushaan game Activision Blizzard yang didirikan pada 9 July 2008 di Santa Monica, California. Mirip seperti Bandai Namco, perusahaan Activision Blizzard merupakan gabungan atau merger antara perusahaan Activision dan Vivendi Games. Mission statement dari perusahaan Blizzard adalah “dedicated to creating the most epic entertainment experiences…ever.” Game-game yang dimiliki Activision Blizzard adalah Call of Duty, World of Warcraft, dan Overwatch. Pada tahun 2019 pun Blizzard memiliki pendapatan sebesar 6.489 billion USD.

4. Mіcrosoft – $11.6 billion / Rp169,376 triliun

(logitech.com)

Perusahaan game terbesar keempat dі dunіa adalah Mіcrosoft. Perusahaan yang ditemukan pada tahun 1975 di Redmond, Washington, USA. Walaupun Microsoft terkenal karena software yaitu sistem operasi Windows, perusahaan ini pun juga ikut bersaing di industri game. Microsoft sendiri memiliki game console yaitu XBOX, dan pada tahun 2020 Microsoft mengeluarkan console edisi terbaru yang bernama XBOX Series X. Selain itu microsoft juga menerbitkan video game seperti Forza Motorsport, Halo, dan Sea of Thieves. Microsoft memiliki profit dari perindustrian game sebesar 11.39 billion US$ (2019).

5. Nіntendo – $12.1 billion / Rp176,677 triliun

(nintendo-europe.com)

Pada tahun 1889, Fusajiro Yamamuchi mendirikan perusahaan Nintendo. Nintendo adalah perusahaan yang berasal dari Kyoto, Japan. Nintendo sendiri baru mengikuti industri video game elektronik pada tahun 1974, dan pada saat itu dia sudah memproduksi konsol gaming. Nintendo berperan berat dalam dunia game pada tahun 1980-an, yang memiliki ikon, yaitu Mario Bross. Game yang dimiliki nintendo adalah The legend of Zelda, Super Smash Bross, dan Super Mario Bross. Tahun 2020 tercatat kalau Nintendo berhasil memperoleh keuntungan sebesar 1.309 triliun JPY.

6. Tencent – $13.9 billion / Rp202,957

(esports.id)

Salah satu perusahaan China terbesar yang mendunia adalah Tencent. Tencent yang ditemukan pada tahun 1998 di Shenzhen, Guangdong, China. Walaupun main industry Tencent adalah social media, perushaan ini juga laku dibidang perindustrian video game. Salah satu game yang mendobrak nama Tencent adalah Player Unknown Battlegrounds Mobile, yang hanya release di konsol smartphone. Tencent pun adalah perusahaan game baru yang mendunia dan juga memiliki pendapatan besar yaitu 482.1 billion CNY pada tahun 2020.

7. Sony Computer Entertaіnment – Rp 147 trіlіun

(sony.co.id)

Sony Computer Entertainment adalah salah satu perusahaan game terbesar di dunia saat ini. Salah satu yang mendobrak nama Sony di industri game adalah saat  merelease Playstation 1, dan Playstation 2. Hingga saat ini konsol dari Sony masih difavoritkan oleh para gamers, dan pada tahun 2020 Sony mengeluarkan Playstation 5 atau PS5. Selain Konsol, Sony juga mengeluarkan video game seperti Spider-man, Bloodborne, dan Horizon Zero Dawn. Pendapatan Sony di industri game adalah 20.84 billion USD (2019).

Nah, іtu daftar  ‘7 Perusahaan Game Terbesar Yang Mendunia Di Tahun 2021’. Dengan pesatnya pertumbuhan game mobіle, tentu saja, membuat persaіngan dі masa depan akan semakіn sulіt dan juga akan ada game game seru kedepan-nya. Apanih game yang kalian tunggu-tunggu hingga sekarang? Share it below ya!

Written by Daffa Kareem

Leave a Reply

Exit mobile version