Menu
in

Mobile Legends : Bang Bang – Sebuah Panduan Untuk Newbie

Rilis perdana pada tahun 2016, Mobile Legends kini banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Mobile Legends: Bang Bang atau yang biasa disebut dengan Mobile Legends atau ML merupakan sebuah video game smartphone yang dikembangkan dan diterbitkan oleh sebuah perusahaan asal China bernama Moonton. Buat kamu yang punya keterbatasan spek untuk main Mobile Legends di handphone, disini tim pcgamer.co.id mencoba menjabarkan cara main Mobile Legends di PC dan juga beberapa panduan dasar untuk bermain Mobile Legends bagi kamu para newbie yang masih.

Bagi para player game PC seperti DotA mungkin tidak akan merasakan kesulitan sama sekali ketika pertama kali bermain Mobile Legends, namun bagi para player pemula atau newbie yang masih awam tentu lain lagi. Pasalnya game yang satu ini memiliki peraturan serta istilah-istilah yang terkesan rumit dan terdengar asing. Eits, jangan sedih dulu! Disini kami akan uraikan beberapa hal dasar di Mobile Legends yang perlu kamu ketahui guna memudahkan permainanmu. Simak baik-baik yuk!

Memiliki Genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) atau arena pertarungan secara online yang melibatkan banyak player ini merupakan bagian dari genre strategi pada video game yang sangat mengandalkan kerja sama tim untuk melawan tim musuh dan mencapai kemenangan.

Seperti game MOBA lainnya, di Mobile Legends kita diharuskan untuk menghancurkan satu persatu tower atau “Turret” milik musuh untuk bisa menghancurkan tower utama musuh yang terletak di “Base” atau markas.

Sebaliknya, apabila tidak ingin kalah, kita bersama tim diharuskan untuk menjaga dan mempertahankan turret kita dari serangan musuh. Masing-masing tim memiliki total 1 turret utama di base dan 9 turret biasa yang tersebar di 3 jalur yakni jalur atas (top lane), tengah (mid lane), dan bawah (bottom lane).

Untuk menghancurkan turret musuh, terdapat rombongan makhluk kecil bernama “Minion” yang siap membantu tim untuk menahan “Damage” atau kerusakan yang dihasilkan dari serangan turret. Jadi, jangan sekali-kali kamu menyerang turret musuh saat tidak ada minion ya, karena damage yang dihasilkan oleh turret musuh bisa membuatmu terbunuh.

Berkonsep Multiplayer 5 vs 5

Berkonsep multiplayer yang artinya terdiri dari banyak pemain, Mobile Legends pada dasarnya melibatkan 2 tim yang masing-masing terdiri dari 5 player. Untuk memaksimalkan permainan, terdapat berbagai karakter atau “Hero” yang bisa dipilih oleh setiap anggota tim.

Hero-hero tersebut terbagi ke dalam 6 “Role” atau peran yakni Assassin, Marksman, Mage, Fighter, Support, dan Tank.

Assassin dan Marksman

Assassin dan Marksman bertugas memberikan damage utama sekaligus sebagai “Jungler” atau pemburu monster hutan untuk mengumpulkan uang.

Fighter dan Tank

Fighter dan Tank merupakan penahan damage musuh sekaligus pembuka atau inisiator pertarungan.

Mage dan Support

Mage dan Support bertugas sebagai penyumbang damage tambahan sekaligus pengontrol pertarungan.

Agar performa permainan tim bisa maksimal, maka kamu dan tim harus memilih hero yang bisa melengkapi satu sama lain. Komposisi role hero standar yang bisa kamu terapkan dalam tim adalah Assassin-Marksman-Mage/Support-Fighter-Tank. Pastikan untuk tidak memilih lebih dari 2 hero dengan role yang sama ya agar permainan timmu bisa seimbang ketika melawan tim musuh.

Hero-hero yang ada bisa dibeli dengan menggunakan battle point, tiket, serta diamond. Namun tidak perlu khawatir, bagi kamu yang baru pertama kali bermain Mobile Legends, kamu akan mendapatkan beberapa hero gratis yang bisa langsung kamu gunakan seperti Layla (Marksman), Balmond (Fighter), Zilong (Fighter), Eudora (Mage), dan Nana (Mage/Support).

Seru! Mobile Legends : Bang Bang Memiliki Beberapa Mode Pertandingan

Cukup variatif, Mobile Legends memiliki beberapa mode yang bisa dimainkan sebagai berikut:

1. Classic

Di Classic, kamu bisa merasakan pertarungan melawan tim lain dengan menggunakan berbagai hero yang tersedia. Cenderung santai, kamu bisa menjadikan Classic sebagai ajang untuk melatih skill kamu dalam memainkan hero yang kamu miliki atau untuk mencoba berbagai hero “Trial” yang disediakan oleh Moonton setiap minggunya. Selain untuk belajar, kamu juga bisa menjadikan mode Classic untuk menaikkan “Win Rate” atau tingkat kemenangan dari hero favoritmu.

2. Rank

Jika kemenangan atau kekalahan pada mode Classic hanya akan berpengaruh pada win rate, maka di mode Rank berbeda. Di sini, hasil dari permainanmu bersama tim akan berpengaruh terhadap “Rank” atau pangkat dari akun Mobile Legends kamu. Adapun urutan rank dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi adalah Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend, Mythic, dan Mythical Glory.

Pada rank Warrior hingga Grandmaster, sistem pemilihan hero masih sama dengan mode Classic, sementara untuk rank tinggi yakni Epic hingga Mythical Glory sistem pemilihan hero berubah menjadi “Draft Pick”.

Dalam sistem draft pick terdapat opsi “Ban” yang berfungsi untuk melarang beberapa hero untuk digunakan. Biasanya, hero-hero yang menjadi langganan ban adalah hero dengan skill yang “Over Power (OP)” atau terlalu kuat serta hero dengan skill yang dianggap mengganggu.

Selain ban, di rank tinggi para player juga tidak bisa menggunakan hero yang sama dengan tim lawan layaknya ketika berada di rank Warrior hingga Grandmaster.

3. Brawl

Mode Brawl menawarkan sensasi bermain yang lain namun tentunya tetap seru. Kamu dapat bertarung 5 vs 5 hanya dalam satu jalur saja. Terdapat total 3 turret musuh yang perlu kamu hancurkan bersama tim untuk mencapai kemenangan. 

4. VS A.I.

Ingin belajar hero atau sekadar bermain santai tanpa perlu terlalu bersusah payah dalam menghadapi tim lawan? Kamu bisa memainkan mode VS A.I. Di mode ini, tim yang akan menjadi lawanmu adalah hero yang akan digerakkan oleh komputer sehingga tidak lah sulit bagi kamu dan tim untuk mencapai kemenangan. Meskipun begitu, kamu tetap akan mendapatkan battle point usai pertandingan VS A.I. berakhir.

5. Custom

Mode Custom menawarkan 4 pilihan permainan yakni Custom-Classic, Custom-Brawl, Custom-Draft Pick, dan Practice. Kecuali Practice, kamu dapat bermain melawan komputer maupun melawan player sungguhan dengan player yang bisa kamu tentukan sendiri jumlahnya di mana tidak hanya 5 vs 5 melainkan bisa juga 1 vs 1.

Tidak hanya untuk bermain biasa, Custom juga merupakan mode yang digunakan untuk turnamen-turnamen. Selain itu, terdapat pula Practice di mode Custom yang bisa kamu pilih sebagai wadah latihanmu untuk mempelajari hero yang ingin kamu kuasai.

6. Arcade

Mode terakhir yang bisa kamu mainkan adalah Arcade. Di Arcade, kamu bisa memainkan permainan serupa catur bernama Magic Chess. Selain itu, terdapat pula berbagai pilihan mode permainan seru lainnya yang bisa kamu mainkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak Moonton seperti Mayhem, Mirror, Mirror-Mayhem, Survival, hingga Ravage.

Punya Handphone Lemot? Begini Cara Main Mobile Legends di PC

Untuk kamu yang mau main Mobile Legends : Bang Bang lewat PC, sekarang kamu bisa main pakai Android Emulator bernama Blue Stacks. Kamu bisa lihat infonya disini.

Berikut beberapa langkah untuk menginstall Mobile Legends lewat emulator Blue Stacks ini:

  1. Download dan install Blue Stacks app di PC
  2. Cari “Mobile Legends” melalui kolom “Search”
  3. Pilih Mobile Legends dari hasil pencarian dan klik untuk mendownload
  4. Jika belum sign-in ke Google, kamu akan diminta untuk sign-in dengan akun Google-mu
  5. Kamu akan diarahkan ke halaman Google Play untuk mendownload dari sana
  6. Klik icon Mobile Legends dari homescreen-mu untuk mulai bermain

Nah, itulah beberapa hal dasar di Mobile Legends dan cara main Mobile Legends di PC yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu ya! Sempatkan share di kolom comments ya kalau kalian punya jalan ninja untuk menangin game ini.

Buat yang perlu referensi game PC seru lainnya bisa baca juga artikel ini ya 15 Rekomendasi Game PC Terbaru 2021.

Terimakasih sudah menyempatkan membaca 🙂

Written by Ana Risma Nanda

Leave a Reply

Exit mobile version